Kamis, 04 April 2013

Makalah Tentang Pengelolaan dan kegiatan yang tercakup di dalamnya.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dengan adanya pembaharuan, maka cara mengerjakan (termasuk persiapannya) dan pengelolaan siswa dalam kegiatan belajar mengajar menjadi lain di bandingkan dengan waktu-waktu yang lampau. Dahulu kelas yang baik yang tenang. Guru tidak harus membuat satuan pelajaran sebelumnya. Di dalam kelas siswa tidak harus duduk dengan diam, mereka boleh ramai asal tertib mengerjakan tugasnya, demi tercapainya tujuan belajar.
Dengan berubahnya tuntutan tentang ketertiban kelas maka guru di perlukan mengetahui bagaimana mengelola kelas dalam berbagai pelaksanaan metode mengajar. Didalam menggunakan metode ceramah, suasana kelas tentu lain dengan dalam kelas yang menggunakan metode diskusi, dan akan lain pula dengan kelas yang menggunakan metode eksperimen. Jadi yang dimaksud dengan pengelolaan siswa dalam materi ini adalah:
            “pengaturan suasana belajar di sekolah sedemikian rupa sehingga setiap siswa mendapat pelayanan menurut kebutuuhannya dan mencapai pendidikan yang maksimal secara efektif dan efisien”.

B.     Tujuan pembelajaran
1.      Menyebutkan beberapa yang termasuk pengelolaan siswa.
2.      Menunjukan letak pengelolaan siswa dalam administrasi pendidikan.
3.      Menyebutkan jenis-jenis pengelolaan siswa…..













Bab II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pengelolaan dan kegiatan yang tercakup di dalamnya.
        Pengelolaan siswa adalah: pengaturan siswa dikelas oleh guru yang
Sedang mengajar sehingga setiap siwa dapat pelayanan sesuai dengan kebutuhannya.
( Suharsini Arikunto, 1987 : 24 ) . siswa adalah siapa saja yang terdaptar sebagai obyek didik disuatu lembaga pendidikan. Yakni SD, SLTP, SLTA, obyek didik ini disebut siswa.
Di lembaga oendidikan tinggi disebut  Universitas, Akademi, Institut, obyek didik ini disebut
Mahasiswa.
Agar setiap anak mendapat prlakuan yang maksimal dan adil, maka perlu didaptar, dicatat,
Dikelompok-kelompoakan, ditempatkan dikelas.
Mendapatar, mencatat, menempatkan, melaporkan dan lain-lain pekerjaan yang berhubungan dengan siswa inilah yang disebut dengan pengelolaan siswa.

B.     Letak pengelolaan siswa didalam Administrasi Pendidikan
        Sekolah adalah suatu tempat yang semua orang mesti menggunakannya
Dikatakan oleh Robert Dreeben bahwa sekolah adalah tempat bekerja ( Workplay).                ( 1973 : 450 ).
Jadi sekolah adalah ‘’sesuatu’’. Bagi seorang anak, sekoalah adalah dunia lingkungan kedua,yang memberikan arah perkembangan dan kematangan.
Seorang ahli bernama L. Gulick mengemukakan ada 7 unsur administrasi seperti disebutkan didalam buku Administrasi pendidikan ( 1969 : 1 ), yaitu :
1.      Perencanaan
2.      Pengorganisasian
3.      Kepegawaian
4.      Pengarahan
5.      Pengkoordinasian
6.      Pengawasan
7.      Pelaporan
Selanjutnya dikemukakan pula apa yang menjadi sasarandibidang garapan Administrasi
Pendidikan, yaitu :
1.      Pengertian Administrasi Kurikulum
a.Kurikulum dipandang sebagai suatu bahan tertulis yang berisi uraian tentang program pendidikan suatu sekolah yang harus dilaksanakan dari tahun ke tahun.
b. Kurikulum dilukiskan sebagai bahan tertulis untuk digunakan para guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.
c. Yang dimaksud dengan kurikulum adalah suatu usaha untuk menyampaikan asas-asas dan ciri-ciri yang penting dari suatu rencana dalam bentuk yang sedemikian rupa sehingga dapat dilaksanakan guru di sekolah.

2.      Pengertian Administrasi murid ( siswa )
Administrasi siswa merupakan salah satu bagian dari administrasi sekolah. Dengan demikian, dapat di jelaskan bahwa administrasi siswa merupakan proses pengelolaan atau pengaturan segala aktifitas yang berkaitan dengan siswa. Selama ini untuk urusan administrasi sekolah digunakan mesin ketik atau komputer, yaitu: microsoft word dan microsoft excel.
Dan meliputi pendataan seluruh siswa selama satu tahun pelajaran    dibagi dalam tiga tahap waktu dalam setiap tahapan waktu terdapat berbagai jenis kegiatan sebagai berikut :
a.    Awal tahun pelajaran
o   Penerimaan siswa baru
b.   Selama tahun pembelajaran
o   Penyusunan data pribadi siswa
o   Keadaan siswa awal tahun
o   Kehadiran siswa
o   Mutasi siswa


c.    Akhir tahun pembelajaran
o   Pelaksanaan EBTA
o   Kenaikan kelas

3.      Pengertian Administrasi personel,
Administrasi personal atau adminisrasi kepegawaian adalah segenap proses penataan yang bersangkut-paut dengan masalah memperoleh dan menggunakan tenaga kerja untuk dan di sekolah dengan efisien.

4.      Pengertian Administrasi materiil,
Pengertian materiil secara umum adalah seluruh barang-barang milik/kekayaan negara baik yang berwujud tahan lama (inventaris) maupun yang berujud pakai habis yang satuan-satuannya dapat diukur, ditimbang dan dihitung terkecuali surat-surat berharga dan uang.

5.      Pengertian Administrasi keuangan,
Administrasi keuangan ialah pengelolaan keuangan dalam sekolah di dalamnya di bahas antara lain :
a.                      Asas pemisahan tugas (otorisator, ordonator dan bendaharawan)
b.                     Perencanaan anggaran tahunan sekolah
c.                      Ketatausahaan keuangan sekolah yang meliputi :
o    Dasar hukum
o    Pembukuan setiap transaksi
o    Pertanggung jawaban
o    Pelaporan, dan
o    Pendapatan
6.      Pengertian Administrasi perumahan sekolah.
Administrasi perumahan sekolah ialah suatu rangkaian kegiatan atau perencanan yang menyangkut kebutuhan sekolah sesuai dengan usulan yang di buat oleh kepala sekolah, komite sekolah mewakili masyarakat dan pihak instansi terkait di antaranya:
a.                     Pengadaan rumah dinas guru-guru
b.                    Pengadaan alat transportasi dan komunikasi sekolah.
Hak siswa:
1.                     Menerima pelajaran
2.                     Mengikuti kegiatan yang diadakan sekolah,
3.                     Menggunakan semua fasilitas yang ada,
4.                     Memperoleh bimbingan dan sebagainya.
Kewajiban siswa:
1.                     Hadir pada waktunya
2.                     Mengikuti pelajaran dengan tertib
3.         Mengikuti ulangan ( ujian ), dan kegiatan lain yang ditentukan oleh  sekolah.
4.                     Mentaati tata-tertib dan peraturan yang berlaku, dan sebagainya.

C.    Jenis-jenis pengelolaan siswa.
        Mengingat luasnya permasalahan, maka didalam pengelolaan siswa ini dapat dilihat
Dalam dua sudut pandang sehingga ada 2 jenis pengelolaan siswa, antara lain :
1.      Pengelolaan siswa dalam arti sempit, yang selanjutnya disebut pengelolaan kelas.
2.      Pengelolaan dalam arti dalam arti luas, yaitu pengelolaaan siswa termasuk juga urusan diluar kegiatan belajar-mengajar.











BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan.

            Pengelolaan siswa dalam kegiatan belajar mengajar menjadi lain di bandingkan dengan waktu-waktu yang lampau. Dahulu kelas yang baik yang tenang. Guru tidak harus membuat satuan pelajaran sebelumnya. Di dalam kelas siswa tidak harus duduk dengan diam, mereka boleh ramai asal tertib mengerjakan tugasnya, demi tercapainya tujuan belajar dan pengaturan suasana belajar di sekolah sedemikian rupa sehingga setiap siswa mendapat pelayanan menurut kebutuhannya dan mencapai pendidikan yang maksimal secara efektif dan efisien”.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
$(document).ready(function() { $('img').each(function(){ var $img = $(this); var filename = $img.attr('src') $img.attr('title', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.'))); $img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.'))); }); }); Read more: http://rudicyber4rtcrew.blogspot.com/2013/04/alt-text-otomatis-untuk-gambar-di.html#ixzz2UjoPWOiF