Kamis, 04 April 2013

CONTOH RPP BK “ PEMAHAMAN DIRI “


SATUAN LAYANAN
                                                   BIMBINGAN DAN KONSELING

1.      Nama Kegiatan                                   :   “ PEMAHAMAN DIRI
2.      Hari/tanggal                                        :    
3.      Tempat / Waktu                                  :    
                                                                       
Bidang Bimbingan                                    :     Pribadi
4.      Jenis Layanan                                      :     Informasi
5.      Fungsi Layanan                                   :     Pemahaman
6.      Sasaran Layanan                                 :     Siswa kelas
7.      Tujuan Layanan umum                       :     Diharapkan siswa dapat mengetahui, memahami                
                                                                  tentang pemahaman diri dan dapat melaksana-
                                                                  bagaimana cara memahami diri.
Tujuan Layanan khusus                       :    Diharapkan siswa dengan pemberian layanan
                                                                  ini, siswa dapat:  
1.      Mengetahui  tentang pengertian pemahaman diri, hierarkhi kebutuhan manusia, tahap-tahap perkembangan, teknik non tes dan tes, serta manfaat dari pemaham diri.
2.      Memahami tentang pengertian pemahaman diri, hierarkhi kebutuhan manusia, tahap-tahap perkembangan, teknik non tes dan tes, serta manfaat dari pemaham diri.
3.      Dapat melaksanakan dengan baik cara untuk memahami diri baik kekurangan maupun kelebihan yang ada pada dirinya sendiri.


8.      Uraian Kegiatan                                  :
1.      Membuka dengan salam dan doa
2.      Mengabsen siswa
3.      Penyampaian materi/Pembahasan 
4.      Tanya jawab dan diskusi
5.      Siswa menulis otobiografi.
6.      Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa pada lembar soal yang disediakan praktikan (pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan).
7.      Penutup dengan mengucapkan salam
9.      Metode                                                :   Ceramah , Tanya jawab dan diskusi.
10.  Pelaksana                                            :   Praktikan ( Indah Yuniarti).
11.  Pihak yang terlibat                              :   Siswa kelas, Praktikan dan konselor pamong.
12.  Alat yang digunakan                           :   Laptop ( tampilan slide power point materi),LCD
                                                                spidol, penghapus.
                                                           
13.  Rencana tindak lanjut                         :   Memberikan perhatian khusus bagi siswa yang
                                                                kurang memahami dirinya. Dengan memberikan
                                                                konseling individual/bimbingan kelompok.
14.  Keterkaitan layanan dengan               :   Himpunan data (Angket siswa, otobiografi).
Layanan pendukung
15.  Kepustakaan                                       :   Internet
                                                                
                                                               
Catatan
Ø  Dosen Pembimbing                         :………………………………………………….….
.……………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......................
Ø  Konselor Pamong                            :………………………………………………….….
.……………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………





Mengetahui,
Dosen Pembimbing





Konselor Pamong







Menyetujui,
Kepala Sekolah







LAMPIRAN MATERI

A.    PENGERTIAN PEMAHAMAN DIRI

          Pemahaman Diri adalah mengerti dan memahami tentang diri sendiri dari segi fisik maupun psikis.

Yang meliputi :

      Pengenalan ciri-ciri dasar fisik.
       Pengenalan kepribadian, watak, dan  temperamen.
       Pengenalan bakat-bakat dan minat.
       Pengenalan Kekuatan dan kelemahan diri sendiri.
B.     SIAPA AKU????
ü  Dari Sudut SPIRITUAL
             Jika seseorang ditanya siapa kamu? Dalam jawaban secara umum tentu ada bermacam-macam jawaban , tetapi kalau dari sudut pandang spiritual jawabanya semua sama yaitu:
1.      Aku adalah manusia yang diciptakan oleh ALLAH SWT.
2.      Aku adalah hamba ALLAH SWT yang mengikuti sunnah Nb. Muhammad SAW.
3.      Aku adalah hamba ALLAH SWT yang memiliki kewajiban shalat wajib 5 waktu.
4.      Aku adalah hamba ALLAH SWT yang diwajibkan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi semua Larangan-Nya.

ü  Dari sudut pandang Ahli psikologi ABRAHAM MASLOW “Aku adalah manusia yang memiliki kebutuhan-kebutuhan bertingkat/ hierarkhi kebutuhan yang harus dipenuhi” . Kebutuhan tersebut dari yang paling dasar sampai tingkat paling tinggi:
1.      Kebutuhan fisiologi (Seperti makan, minum, seksualitas).
2.      Kebutuhan akan rasa aman. (Seperti rasa aman terhindar dari bahaya).
3.      Kebutuhan dicintai dan mencintai.( diterima menjadi anggota kelomok/teman).
4.      Kebutuhan Harga diri ( Seperti kebutuhan untuk berprestasi).
5.      Kebutuhan Kognitif.( Seperti menambah wawasan, pengetahuan).
6.      Kebutuhan Estetis ( Seperti menikmati keindahan alam ).
7.      Kebutuhan Aktualisasi diri ( Seperti menunjukkan bakat dan kemampuan).
            Apabila kebutuha-kebutuhan ini tidak terpenuhi maka akan mengalami gangguan keseimbangan psikologis misalnya rasa lapar, resah, rasa gelisah, marah, penarikan diri dari pergaulan, tidak memiliki arah hidup/ tujuan hidup. Memahami diri tidak cukup sampai siapa aku? Tapi perlu diteruskan dengan untuk apa aku lahir dan hidup?
C.     TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN INDIVIDU
Manusia dilahirkan melalui tahap-tahap yaitu:
1.      Periode prenatal (konsepsi - ± 9  bulan).
2.      Periode Infancy ( dari lahir-2 minggu)
3.      Periode bayi ( 2minggu-2 thn)
4.      Periode anak (periode anak awal 2thn-6thn, periode anak akhir 6/7-12/13 thn)
5.      Periode pubertas( 11/12-15/16 thn)
6.      Periode Remaja ( 13/14-18/21 thn)
7.      Periode Dewasa awal(± 18 - ± 40thn)
8.      Periode  usia dewasa madya ( 40-60 thn)
9.      Periode dewasa akhir ( 60thn-meninggal)
D.    PEMAHAMAN DIRI
Untuk memahami diri dapat melalui teknik non tes maupun tes:
1.      Teknik non tes
Angket, wawancara, otobiografi, anekdota, sosiometri, kartu pribadi, dll
2.      Teknik tes
Tes hasil belajar (rappot), Tes psikologi ( tes intelegensi, tes kepribadian, tes bakat, tes minat jabatan).
E.     MANFAAT PEMAHAMAN DIRI
Setelah kita memahami diri baik kelemahan dan kelebihan maka ada beberapa manfaat yaitu sbb:
  1. Mengenal berbagai potensi yang dimiliki
  2. Mengenal kelemahan diri sendiri .
Dengan mengenal dan memahami diri sendiri, seseorang dapat mengenal kenyataan dirinya dan sekaligus kemungkinan-kemungkinannya serta diharapkan mengetahui peran apa yang harus dia mainkan untuk mewujudkannya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
$(document).ready(function() { $('img').each(function(){ var $img = $(this); var filename = $img.attr('src') $img.attr('title', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.'))); $img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.'))); }); }); Read more: http://rudicyber4rtcrew.blogspot.com/2013/04/alt-text-otomatis-untuk-gambar-di.html#ixzz2UjoPWOiF