SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Nama
Kegiatan : “
PEMAHAMAN DIRI “
2.
Hari/tanggal :
3.
Tempat / Waktu :
Bidang
Bimbingan :
Pribadi
4. Jenis
Layanan :
Informasi
5. Fungsi
Layanan : Pemahaman
6. Sasaran
Layanan : Siswa kelas
7. Tujuan
Layanan umum : Diharapkan siswa dapat mengetahui,
memahami
tentang pemahaman diri dan dapat melaksana-
bagaimana cara memahami diri.
Tujuan
Layanan khusus : Diharapkan siswa dengan pemberian layanan
ini, siswa dapat:
1.
Mengetahui tentang pengertian pemahaman diri, hierarkhi
kebutuhan manusia, tahap-tahap perkembangan, teknik non tes dan tes, serta
manfaat dari pemaham diri.
2.
Memahami tentang pengertian pemahaman
diri, hierarkhi kebutuhan manusia, tahap-tahap perkembangan, teknik non tes dan
tes, serta manfaat dari pemaham diri.
3.
Dapat melaksanakan dengan baik cara
untuk memahami diri baik kekurangan maupun kelebihan yang ada pada dirinya
sendiri.
8. Uraian
Kegiatan :
1.
Membuka dengan salam dan doa
2.
Mengabsen siswa
3.
Penyampaian materi/Pembahasan
4.
Tanya jawab dan diskusi
5.
Siswa menulis otobiografi.
6.
Memberikan beberapa pertanyaan kepada
siswa pada lembar soal yang disediakan praktikan (pertanyaan yang berkaitan
dengan materi yang telah disampaikan).
7.
Penutup dengan mengucapkan salam
9. Metode
: Ceramah , Tanya jawab dan diskusi.
10. Pelaksana : Praktikan ( Indah Yuniarti).
11. Pihak
yang terlibat : Siswa kelas, Praktikan dan konselor pamong.
12. Alat
yang digunakan : Laptop
( tampilan slide power point materi),LCD
spidol, penghapus.
13. Rencana
tindak lanjut : Memberikan perhatian khusus bagi siswa yang
kurang memahami dirinya. Dengan memberikan
konseling individual/bimbingan kelompok.
14. Keterkaitan
layanan dengan : Himpunan data (Angket siswa, otobiografi).
Layanan
pendukung
15. Kepustakaan : Internet
Catatan
Ø Dosen Pembimbing :………………………………………………….….
.……………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......................
Ø Konselor
Pamong
:………………………………………………….….
.……………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui,
Dosen Pembimbing
|
Konselor Pamong
|
Menyetujui,
Kepala Sekolah
LAMPIRAN
MATERI
A. PENGERTIAN
PEMAHAMAN DIRI
Pemahaman Diri adalah mengerti dan memahami tentang diri sendiri dari
segi fisik maupun psikis.
Yang meliputi :
• Pengenalan
ciri-ciri dasar fisik.
• Pengenalan kepribadian, watak, dan temperamen.
• Pengenalan bakat-bakat dan minat.
• Pengenalan Kekuatan dan kelemahan diri
sendiri.
B. SIAPA
AKU????
ü
Dari Sudut SPIRITUAL
Jika seseorang ditanya siapa kamu? Dalam
jawaban secara umum tentu ada bermacam-macam jawaban , tetapi kalau dari sudut
pandang spiritual jawabanya semua sama yaitu:
1. Aku
adalah manusia yang diciptakan oleh ALLAH SWT.
2. Aku
adalah hamba ALLAH SWT yang mengikuti sunnah Nb. Muhammad SAW.
3. Aku
adalah hamba ALLAH SWT yang memiliki kewajiban shalat wajib 5 waktu.
4. Aku
adalah hamba ALLAH SWT yang diwajibkan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi
semua Larangan-Nya.
ü
Dari sudut pandang Ahli psikologi
ABRAHAM MASLOW “Aku adalah manusia yang memiliki kebutuhan-kebutuhan
bertingkat/ hierarkhi kebutuhan yang harus dipenuhi” . Kebutuhan tersebut dari
yang paling dasar sampai tingkat paling tinggi:
1.
Kebutuhan fisiologi (Seperti makan,
minum, seksualitas).
2.
Kebutuhan akan rasa aman. (Seperti rasa
aman terhindar dari bahaya).
3.
Kebutuhan dicintai dan mencintai.(
diterima menjadi anggota kelomok/teman).
4.
Kebutuhan Harga diri ( Seperti kebutuhan
untuk berprestasi).
5.
Kebutuhan Kognitif.( Seperti menambah
wawasan, pengetahuan).
6.
Kebutuhan Estetis ( Seperti menikmati
keindahan alam ).
7. Kebutuhan
Aktualisasi diri ( Seperti menunjukkan bakat dan kemampuan).
Apabila kebutuha-kebutuhan ini tidak
terpenuhi maka akan mengalami gangguan keseimbangan psikologis misalnya rasa
lapar, resah, rasa gelisah, marah, penarikan diri dari pergaulan, tidak
memiliki arah hidup/ tujuan hidup. Memahami diri tidak cukup sampai siapa aku?
Tapi perlu diteruskan dengan untuk apa aku lahir dan hidup?
C. TAHAP-TAHAP
PERKEMBANGAN INDIVIDU
Manusia dilahirkan melalui
tahap-tahap yaitu:
1. Periode
prenatal (konsepsi - ± 9 bulan).
2. Periode
Infancy ( dari lahir-2 minggu)
3. Periode
bayi ( 2minggu-2 thn)
4. Periode
anak (periode anak awal 2thn-6thn, periode anak akhir 6/7-12/13 thn)
5. Periode
pubertas( 11/12-15/16 thn)
6. Periode
Remaja ( 13/14-18/21 thn)
7. Periode
Dewasa awal(± 18 - ± 40thn)
8. Periode usia dewasa madya ( 40-60 thn)
9. Periode
dewasa akhir ( 60thn-meninggal)
D.
PEMAHAMAN DIRI
Untuk memahami diri dapat melalui
teknik non tes maupun tes:
1. Teknik
non tes
Angket,
wawancara, otobiografi, anekdota, sosiometri, kartu pribadi, dll
2. Teknik
tes
Tes
hasil belajar (rappot), Tes psikologi ( tes intelegensi, tes kepribadian, tes
bakat, tes minat jabatan).
E.
MANFAAT PEMAHAMAN DIRI
Setelah kita memahami diri baik
kelemahan dan kelebihan maka ada beberapa manfaat yaitu sbb:
- Mengenal
berbagai potensi yang dimiliki
- Mengenal
kelemahan diri sendiri .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar