Kamis, 04 April 2013

BK Karir PENGERTIAN KARIR DAN BIMBINGAN KARIR


A.    LATAR BELAKANG

Masa sekarang dan masa yang akan datang menghadapi masalah yang besar, yaitu bagaimana mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang di harapkan. Masalah ini semakin di rasakan karena pertumbuhan lapangan kerja tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk.
Kemajuan-kemajuan yang di capai di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi tidak saja membawa keberuntungan tetapi juga kerugian. Diantara kerugian yang di timbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi itu adalah semakin bekurangnya jumlah kesempatan kerja yang semulanya di lakukan oleh tenaga manusia sekarang digantikan oleh alat-alat teknologi seperti robot, computer dan sebagainya.

Masalah lain yang tidak jarang di hadapi sehubungan dengan pekerjaan ini adalah masih banyak para orang yang telah diterima pada lapangan kerja tertentu justru merasa pekerjaan itu tidak sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Sehingga tidak jarang ada di antaranya yang tidak mampu melaksanakan tugas-tugas atau pekerjaan yang di percayakan kepadanya dengan baik. Sudah tentu keadaan seperti itu sangat merugikan tidak saja bagi lapangan kerja yang bersangkutan tetapi juga bagi individu itu sendiri.
Pada masa-masa yang akan datang, masalah-masalah tersebut di atas setidak-tidaknya dapat di kurangi kalau para orang muda mempersiapkan dirinya secara matang, dengan jalan memahami dirinya, memahami lingkungannya, dan dapat menyesuaikan keadaan diri dengan tuntutan dengan jalan menyelenggarakan program layanan bimbingan karir sejak dini, mulai dari sekolah dasar.

B.     KONSEP DASAR BIMBINGAN KARIR
           Bimbingan karir merupakan salah satu bidang dalam bimbingan dan konseling yang ada di sekolah-sekolah.
Dan bimbingan karir adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja atau jabatan /profesi tertentu serta membekali diri supaya siap memangku jabatan itu, dan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapanan pekerjaan yang dimasuki.
Bimbingan karir juga dapat dipakai sebagai sarana pemenuhan kebutuhan perkembangan peserta didik yang harus dilihat sebagai bagaian integral dari program pendidikan yang diintegrasikan dalam setiap pengalaman belajar bidang studi.
Bimbingan karir sebagai suatu proses membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran diri serta peranannya dalam dunia kerja.
Analisis ; menurut batasan ini, ada dua hal penting, pertama proses membantu individu untuk memahami dan menerima diri sendiri, dan kedua memahami dan menyesuaikan diri dalam dunia kerja.
C. PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN KARIR DAN BIMBINGAN KARIR
1. Pengertian Karir
Ø Karir adalah kebutuhan yang harus terus ditumbuhkan dalam diri seseorang tenaga kerja, sehingga mampu mendorong kemauan kerjanya. Pengembangan karir harus dilakukan melalui penumbuhan kebutuhan karir tenaga kerja, menciptakan kondisi dan kesempatan pengembangan karir serta melakukan penyesuaian antara keduanya melalui berbagai mutasi personal
Analisis ; bahwa apabila seseorang ingin mempunyai kemauan kerjanya yang tinggi, maka dia harus terus menumbuhkan dan memberikan, menjadi kebutuhan. Yakni karier itu kepada dirinya. Contohnya; seperti seorang guru, apabila ia ingin kemampuannya baik, maka ia harus menumbuhkan etika (aturan) profesi keguruan itu sendiri dalam dirinya (sebagai suatu kebutuhan).
Ø Karir adalah rangkaian sikap dan perilaku yang berkaitan dengan pengalaman dan aktivitas kerja selama rentang waktu kehidupan seseorang dan rangkaian aktivitas kerja yang terus berkelanjutan.

Dengan demikian karir seorang individu melibatkan rangkaian pilihan dari berbagai macam kesempatan. Jika ditinjau dari sudut pandang organisasi, karir melibatkan proses dimana organisasi memperbaharui dirinya sendiri untuk menuju efektivitas karir yang merupakan batas dimana rangkaian dari sikap karir dan perilaku dapat memuaskan seorang individu.

Analisis ; rangkaian sikap dan perilaku, contohnya; seperti kita menjalankan proses perkuliahan, dimana itu merupakan pengalaman dan aktivitas kerja selama rentang waktu kehidupan dalam mencapai dunia karier yang terus berkelanjutan.


2. Pengertian  Bimbingan Karier
          Bimbingan karir adalah proses membantu seseorang mengerti diri nya dan mempunyai gambaran jelas tentang dunia karir yang akan di pilihnya kelak, sehingga ia dapat menyiap kan diri untuk berkarir dan ber partisipasi aktif untuk mencapaui pengembangan diri yang sesuai dengan tuntutan karir yang akan di pilihnya.
Bimbingan karier adalah karier merupakan salah satu jenis bimbingan yang berusaha membantu individu dalam memecah kan masalah karir, untuk memper oleh penyesuayan diri yang se baik-baiknya antara kemampuan dengan lingkungan hidupnya , memper oleh ke biasaan dan perwujutan diri dalam hidupnya,
Analisis ; Setiap orang mempunyai gambaran tentang dirinya, agar ia bisa memahami dan mengerti tentang dunia karier yang akan dipilihnya kelak, sesuai dengan tuntutan karier yang akan ditujunya. Agar supaya ia berpartisifasi aktif untuk menyesuaikan diri sebaik-baiknya antara kemampuan dan lingkungan hidupnya. Contohnya; Bagaimana seorang siswa (konseli) bisa aktif dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, seperti : Olah Raga, Pramuka, PMR, dan kegiatan pendukung lainnya.
D. PENGERTIAN KARIR DAN BIMBINGAN KARIR MENURUT PARA AHLI
1.Pengertian karir Menurut Irianto (2001 : 94)

          Pengertian karir adalah  meliputi elemen-elemen obyektif dan subyektif. Elemen obyektif berkenaandengan kebijakan kebijakan pekerjaan atau posisi jabatan yangditentukan organisasi, sedangkan elemen subyektif menunjuk pada kemampuan seseorang dalam mengelola karir denganmengubah lingkungan obyektif (misalnya dengan mengubahpekerjaan/jabatan) atau memodifikasi persepsi subyektif tentang suatu situasi (misalnya dengan mengubah harapan).

2.Menurut Simamora (2001 : 504)

          Berpendapat bahwa kata karir adalah  dapatdipandang dari beberapa perspektif  yang berbeda, antaralain dariperspektif yang obyektif dan subyektif. Dipandang dari perspektif yang subyektif, karir merupakan urut-urutan posisi yang diduduki oleh seseorang selama hidupnya, sedangkan dari perspektif yang obyektif, karir merupakan perubahan-perubahan nilai, sikap, dan motivasi yang terjadi karena seseorang menjadi
semakin tua.



3. Menurut Mohamad Surya (1988 : 31)

          Bimbingan karir adalah merupakan salah satu jenis bimbingan yang berusaha membantu individu dalam memecahkan masalah karir, untuk memperoleh penyesuaian diri yang sebaik-baiknya antara kemampuan dengan lingkungan hidupnya, memperoleh keberhasilan dan perwujudan diri dalam perjalanan hidupnya.

4. Menurut Herr
          Bimbingan karir adalah Program yang sistematik, proses-proses, teknik-teknik atau layanan-layanan untuk membantu individu memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan pengenalan kesempatan-kesempatan dalam pekerjaan, pendidikan, dan waktu luang, serta mengembangkan ketrampilan-ketrampilan mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan karirnya.
Analisis, dari beberapa ahli:
Jadi karier dan bimbingan karier merupakan proses atau program yang sistematik dengan teknik-teknik atau layanan, untuk membantu individu memahami dirinya dalam kemampuan serta lingkungan hidupnya, sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan kariernya, yang mana karier itu meliputi dua elemen :
1). Elemem Obyektif, seperti dengan merubah pekerjaan/ jabatan.
Contohnya ; seseorang yang mempunyai jabatan  sebagai dikektur, berhubung dia tidak mampu  menyelsaikan pekerjaannya sebagai direktur itu, maka dari kebijakan organisasi, akan mengubah posisi pekerjaannya tersebut ketempat yang terrendah yang sesuai dengan kemampuannya.
2). Elemen Sobyektif, dengan mengubah harapan seperti, nilai-nilai sikap, dan motivasi yang terjadi karena seseorang menjadi semakin tua.
Contohnya ; seperti seorang guru yang asalnya hanya sebagai guru yang biasa-biasa saja, dengan mengubah harapan, maka menjadilah seorang guru yang profesional.

C. PROGRAM BK KARIER YANG DI LAKSANAKAN DI SMAN 

Adapun program BK karier berdasarkan data dan informasi yang kami dapatkan dari hasil observasi di SMAN-2 Palangka Raya adalah sebagai berikut :


1.      Layanan Orientasi

         Layanan ini  di laksanakan di SMA  di antaranya dengan melakukan kegiatan pengenalan tentang keadaan lingkungan sekolah agar mereka dapat mudah menyesuikan diri baik dengan lingkungan sekolah maupun dengan siswa yang lainya,dan agar terjalin persaudaraan di antara siswa. Adapun kendala yang di dapat dalam pelaksanaannya adalah tidak semua siswa dapat mengikuti kegiatan yang di lakukan. Sehingga bagi mereka yang tidak mengikuti kegiatan orientasi mengalami kesulitan, baik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan  maupun dengan teman-temanya juga dalam ber interaksi.

2. Layanan Informasi

         Layanan ini di laksanakan di SMA  di antaranya dengan melakukan kegiatan di kelas tiga, agar pada saat mereka masuk pada perguruan tinggi tidak mengalami kesulitan dalam pemilihan jurusan, dan kendala yang di dapat pada saat pemberian inporrnasi adalah ,siswa yang akan memasuki sulit mengerti dengan informasi yang di sampai kan, sehingga mereka jadi binggung untuk memasuki jurusan apa yang mungkin cocok dengan kemampuan yang mereka miliki.  

3. Penempatan dan Penyaluran

         Layanan ini di laksanakan di SMA  di antaranya dengan melakukan kegiatan di bidang karir di antaranya adalah dengan melaksanakan penjurusan dan kegiatan yang di laksanakan di sekolah di antaranya adalah dengan melaksanakan penyeleksian nilai siswa agar dapat di ketahui siswa tersebut pantasnya masuk jurusan apa setelah kita seleksi nilainya. Tetapi dalam pelaksanaan tersebut ada beberapa kendala di antaranya adalah banyak siswa yang tidak menerima hasil seleksi yang telah di tetap kan karena berbagai alasan meskipun pilihanya tidak sesui dengan kemampuanya, misalkam alasannya siswa tersebut tidak mau pisah ruangan dengan sahabat akrab nya,meskipun mereke berbeda kemampuan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
$(document).ready(function() { $('img').each(function(){ var $img = $(this); var filename = $img.attr('src') $img.attr('title', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.'))); $img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.'))); }); }); Read more: http://rudicyber4rtcrew.blogspot.com/2013/04/alt-text-otomatis-untuk-gambar-di.html#ixzz2UjoPWOiF