BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Kerjasama
Kerjasama dilakukan atas dasar tujuan yang sama
yang hendak dicapai, sehingga kerjasama berbeda dengan ‘sama-sama kerja’ yang
tidak mempunyai tujuan bersama.
a. Beberapa keuntungan yang dapat dipetik dari kerjasama antara lain:
1. Memperingan tugas yang harus dipikul oleh masing-masing pihak;
2. Menghemat tenaga, pikiran
dan dana yang biasanya sangat terbatas dalam setiap kegiatan;
3. Dengan dana, tenaga, pikiran yang tersedia, dapat menghasilkan lebih
banyak;
4. Lebih memberi kemungkinan pada seluruh pihak untuk mengembangkan
kemampuan dalam rangka menuju terbangunnya kemanusiaannya.
b. Fungsidarikerjasama
Kerjasamadidalamorgnisasijugamerupakanhalyansangatpenting.Dengankerjasamatugas-tugasorganisasi
yang di embanolehmasing-masingpengurusdapatmenjadiringandancepatselesaidengan
target yantelahdiprogramkansebelumnya.
Kerjasamajugadapatmerangsangsemangatparapengurusdananggotaorganisasidalamacara-acaratertentu.
c.
Ada beberapa hal yang dapat mendukung terjalinnya kerjasamayaitu:
Agar
terjalin kerjasama yang mantap dalam suatu kelompok dari masing-masing anggota,
sehingga mampu memecahkan masalah yang sedang dihadapi, perlu diperhatikan
beberapa hal yang dapat mendukung, antara lain :
1. Masing-masing pihak harus sadar dan mengakui kemampuan masing-masing.
Masing-masing pihak yang akan kerjasama harus mengerti dan memahami akan
masalah yang dihadapi.
2. Masing-masing pihak yang bekerjasama perlu berkomunikasi.
3. Pihak yang bekerjasama perlu peka terhadap pihak lain dalam arti
mengerti kesulitan dan kelemahan orang lain.
4. Meskipun semua pihak harus memberi sesuai dengan kemampuan, tetapi agar
semuanya itu dapat berdaya hasil dan berhasil guna, perlu ada pengaturan, yaitu
koordinasi yang mantap.
5. KeterbukaandanMelibatkan orang lain.
d.
Ada beberapa hal yang dapat mengganggu kerjasamayaitu:
1.
Ada pihak yang selalu bersikap
menyerahkan pekerjaan kepada orang lain dan tidak bersedia bertanggung-jawab.
2.
Ada pihak yang bersedia menampung
semua pekerjaan meskipun jelas tidak mampu mengerjakannya.
3.
Tidak bersedia memberikan sebagian
dari kemampuannya untuk membantu pihak lain. Dalam pengertian, ini termasuk
tidak bersedia menyerahkan sebagian dari wewenangnya kepada pihak lain.
4.
Lekas puas dengan hasil
pekerjaannya sendiri, sehingga tidak memperlihatkan dan tidak menaruh perhatian
pada pihak yang masih bekerja.
5.
Hanya bersedia memberikan sesuatu
yang dirasa tidak lagi diperlukan dirinya, sehingga memberi tidak sesuai dengan
kebutuhan yang dirasakan oleh pihak lain.
6.
Tidak bersedia memberi bantuan
sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang dihadapi, hanya terus tekun dengan
pekerjaannya sendiri.
7.
Menutup diri, dan tidak mengundang
pihak lain yang dapat memberi bantuan, misal selain berusaha mengerjakan
sesuatu dengan sempurna sehingga sulit pihak lain dapat membantu.
8.
Tidak bersedia berkorban, misalnya
membongkar atau merubah kegiatan yang sudah direncanakan, demi mencapai
kerjasama dan hasil kegiatan yang lebih baik.
9.
Bersikap maha tahu, sehingga
menutup diri untuk minta pendapat dan bantuan pihak lain.
10.
Tidak percaya kemampuan pihak lain
sehingga tidak bersedia minta bantuan atau pendapat kepadanya.
B.
Mengelola Konflik
Konflik sering timbul dimana saja termasuk di
dalam kelompok, pendamping diharapkan dapat mendampingi kelompok dalam
mengatasi konflik-konflik yang timbulsebagaiberikut:
1. Anggota kelompok / tim memberi komentar dan saran dengan penuh emosi
2. Anggota kelompok / tim menyerang pendapat orang lain, sebelum gagasan
tersebut selesai diungkapkan.
3. Banyak keluhan.
4. Anggota kelompok / tim saling menyerang langsung ke pribadi dan bukan ke
pokok permasalahan.
5. Diam ketika ditanya atau diminta pendapat atau bersikap acuh tak acuh.
C.
Komunikasi
Komunikasiadalah proses
pemindahanpengertiandalambentuk ide-ide ataugagasanatauinformasidariseseorang(
Komunikator ) kepada orang lain ( Komunikan ). Perpindahanpengertiantersebuttidakhanyamelibatkanlebihdarisekedar
kata-kata yang digunakandalampercakapan, tetapijugaekspresiwajah, intonasi,
titikputusvokaldansebagainya.SedangkanPengertainkerjasamaadalah proses
untukmelakukansesuatu yang mencakupbeberapahalsertaunsur-unsurtertentuanatara
lain:
1. Adanyatujuan yang
sudahditetapkanbersamaatautujuansesuaidenganperaturan.
2. Adanyapengaturan/pembagiantugas yang jelas.
3.
Dalambekerjasalingmenolongantarasatufihakdenganfihak yang lain.
4. Dapatsalingmemasukkanmanfaat.
5. Adanyakoordinasi yang baik.
Bukankerjasamatetapiakandisebut
“sama-samakerja”, jika :
1. Masing-masingpihakmempunyaitujuansendiri-sendiri.
2. Tanpaadanyapengaturanpembagiantugas.
3. Tidaksalingmemperhatikandanmenolongpihak
lain.
4. Manfa’attidakdirasakanolehsemuaanggota.
Meskipunkegiatannyaadadalamsatuwadahatausatutempatdannampaknyaapa
yang dikerjakanmenujusatutujuan,
tetapikalauprosesnyamempunyaikondisisepertidisebutkandiatas, itunamanya
“sama-samakerja”.
Antarakomunikasidankerjasamatidakdapatberjalansendiri-sendirimelainkanduahalinidapatmenjadikansebuahorganisasi
yang
baikdanbenartatkalakomunikasidankerjasamadapatberjalansecarabersamaan.Dalamorganisasiterdapatsebuahkomunikasi
yang harusdibangunantaraanggotasatudengananggota yang lain. Denganadanyakomunikasi
yang baik di
sebuahorganisasimenjadikansemuapelakuorganisasitersebutdapatmenjalankantugasorganisasidenganlancardanringankarenadengankomunikasikitabisamemperolehhal-hal
yang sangatmembantukitadalammelakukantugas-tugasorganisasitersebut.Selainitukomikasijugasangatmempengaruhiperjalanansebuahorgnisasi,
semakinbaikkomunikasidibangunmakasemakinkokohorganisasitersebut.
Secaraumumtatahubungankomunikasidapatdiartikansebagisuatu
proses, pengaturan, dansaluranpenyampaianwarta, informasi, berita,
pesanatauketerangan yang mengandungartidankegunaandalamrangkaaktivitaskehidupanmanusiasebagaimahluk
social.
D.
Tata hubungankomunikasi
Tata hubungankomunikasiSangatpentingdalamrangkamenjalinkerjasamadanintegrasi
social.Pentingnyatatahubungankomunikasidalammewujudkankerjasamadanintegrasi
social dapatdilihatdalamhal-halberikutini.
1. Komunikasidapatmenimbulkan rasa kesetiakawanan,
solidaritasdanloyalitasdalamkehidupansosial.
2. Komunikasidapatmeningkatkankegairahandalammenjalinhubungankerjasamaantarsesamamanusia.
3. Komunikasidapatmeningkatkanniali-nilaikebersamaansertakekeluargaan
4. Dengankomunikasikitadapatmengetahuiperkembangansains,
teknologi, senidanbudayamasyarakat
5. Dengankomunikasikitadapatmengetahuinilai-nilaidannorma-norma
yang berlakudalamkehidupanmasyarakat.
6. Dengankomunikasikitadapatmenetahuikebijakan,
ketentuandanperaturanperundangan yang berlaku di dalamkehidupanmasyarakat,
bangsadanbernegara.
7. Dengankomunikasisemuainformasidapatdiakses,
diketahuidandimengerti
8. Komunikasidapatmeningkatkantanggungjawab moral
dansocial
9. Komunikasidapatmenimbulkansalingpengertiandiantarasesamamanusia
10. Komunikasimerupakansuatucarauntukmemperolehketerangan
yang diperlukandalampelaksanaansuatupekerjaan
11. Komunikasimerupakansuatucarauntukmendorongmanusiakearahberpikirpositif,
logis, dankreatif
12. Komunikasiadalahsuatucarauntukmemenuhi rasa
keingintahuanmanusia
13. Komunikasipentingbagisuatuorganisasiatauperusahaansebabmerupakansalahsatualat
yang utamabagionggotaorganisasiuntukbekerjasama
14. Komunikasipentingbagi proses
pengambilankeputusan yang menyangkutkepentinganumum
15. Komunikasimerupakan media internalisasi,
sosialisasi, akulturasi, enkulturasi, adaptasi, dan proses-proses social
lainnya.
Tata
hubungankomunikasiterlihatdarihubunganantaraindividudenganindividu,
hubunganindividudengankelompok, danhubunganantarakelompokdengankelompok.Timbulnyaketerhubunganinidisebsbkanmasing-masing
orang ataukelompoksalingmembutuhkandansalingketergantungandalamrangkamemenuhikebutuhandanmempertahankankehidupan.
Untukdapatmelakukankerjasama
yang efektifperludiketahuiterlebiihdahuluhal-hal yang
berhubungandenganmasalahtatahubunganbaikdalamartikomunikasimaupundalamhubunganantarmanmusia.Komunikasiadalahhubungan
yang dilakukanoleh 2 orang ataulebih,
untukmenyampaikanpesandenganselamat.Pihakpertamadisebutkomunikator, danpihakkeduadisebutkomunikan.Jadikomunikasimeliputiunsurkomunikator,
komunikandanpesan.Selainituadanyasarana.Seorangdapatmelakukankerjasamadenganbaikkalauiadapatmenerapkankomunikasi.
E.
Hambatan-hambatankomunikasiseringterjadikarenatidakditerapkan
7 cara, yaitu:
o
Adanyakesamaanbahasaantarakomunikatordengankomunikan
o
Adanyakejelasanpesan
yang disampaikan
o
Adanyasarana
yang tepatdalampenyampaianpesan
o
Adanyapemeliharaansaat
yang tepatdalampenyampaianpesan
o
Adanyaajakan
(persuasi) darikomunikatorkepadakomunikan
o
Adanyaitkadbaikdarikomunikatorterhadapkomunikan
o
Adanya
rasa tenggang rasa darikomunikatorterhadapkomunikan
F.
Hubunganantarmanusia
Untukdapamelakukanhubungankemanusiaandenganbaik,
seorangharusmengetahuiterlebihdahulukebutuhanmanusiapadaumumnya.Kebutuhanmanusiadigolongkan
4 golonganyaitu :
o
Kebutuhanuntukdiperlakukansebagaimanusia
yang layak
o
Kebutuhanakanpengakuan
o
Kebutuhanakankeamanan
o
Kebutuhanuntukdapatmengatasikesulitan
G.
Daftarpenilaianpelaksanaanpekerjaan (DP-3)
Bahwakerjasamaadalahpentingdapatdibuktikandengandicantumkannyasebagaisalahsatuhal
yang perludinilaidalamrangkadaftarpenilaianpekerjaan.
Kerjasamaseorangdinilai“ amatbaik”
apabilaiadapatmelaksanakanhal-halsebagaiberikut:
o
Mengetahuibidangtugas
orang lain yang adahubungannyadenganbidangtugasnya.
o
Selalumenghargaipendapat
orang lain
o
Dengancepatmenyesuaikanpendapatnyadenganpendapat
orang lain, apabilayakinpendapat orang lain benar
o
Selalubersediamempertimbangkandanmenerimausul
yang baikdari orang lain
o
Bersediamenerimakeputusan
yang diambilsecarasahwalaupuniatidaksependapat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar